Menyuguhkan Seserahan Pernikahan yang Romantis, Cantik Sedap Dipandang

taplak pink seserahan pernikahan

Apakah perlu harga mahal dan mewah untuk menyuguhkan seserahan pernikahan yang romantis, cantik dan sedap dipandang? Tentu saja tidak.

Semua tergantung kreativitas Anda.

Seserahan Tidak Harus Mewah

Bukan kemewahan atau harga mahal. Akan tetapi kesungguhan, perencanaan dan juga kreativitas Anda dalam mengolah isi dan kemasan seserahan.

Seserahan tidak perlu mewah ala artis atau pengusaha besar. Bukan harus mobil, rumah, intan mutiara atau barang mewah lainnya. Yang pokok adalah sesuaikan dengan agama dan adat yang berkembang di keluarga dan lingkungan Anda. Bagi Anda yang beragam Islam dengan adat Jawa atau Sunda, berikut contoh isi seserahan yang paling umum dipakai.

  1. Seperangkat ala sholat. Biasanya dikemas indah lengkap mulai mukena, sajadah, dan Al Qur’an. Secara umum perlengkapan alat sholat ini dibentuk seperti aneka burung. Karena burung disimbolkan sebagai hewan yang setia dan romantic.
  2. Peperangkat perlengkapan make up. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.
  3. Perlengkapan mandi lengkap
  4. Pakaian lengkap. Biasanya dipilih kebaya, busana muslim atau sarimbit.
  5. Cincin, emas, intan, perhiasan lain atau uang. Pilihan ini disesuaikan dengan kesukaan, budget, dan juga kesepakatan Anda dengan pasangan / keluarga.
  6. Sepatu
  7. Aneka jajanan. Jajanan yang dibawa sebagai seserahan biasanya menyesuaikan dengan adat. Misalnya pada masyarakat Jawa yang kental selalu dibawakan wajik. Jajanan wajik dengan tekstur yang lengket difilosofikan sebagai do’a agar pengantin selepas pernikahan menjadi lengket dan tidak dapat dipisahkan.

Kapan Seserahan diberikan Kepada Pengantin Wanita?

Meskipun tidak wajib, seserahan pernikahan adalah simbol tanggunjawab dan kesungguhan pengantin pria melaksanakan pernikahan dan membangung maghligai rumah tangga. Jika dianalogikan dengan hukum Islam seperti Sunnah Muakad. Dikerjakan sangat baik dan memang sangat dianjurkan. Karena ada hikmah dan keutamaan besar. Akan tetapi jika tidak menggunakan seserahanpun tidak masalah. Pernikahan tetap dapat dilangsungkan dan juga sah secara syar’i maupun Negara.

Kapan Seserahan Disampaikan? Berikut beberapa waktu yang tepat menyerahkan seserahan pernikahan:

  • Pada saat hari pernikahan. Yakni pada saat rombongan pengantin pria datang ke rumah mempelai perempuan bersama rombongan. Seserahan biasanya dibawa oleh para pengiring.
  • Diserahkan pada malam midodareni. Atau pada adat Sunda diserahkan pada saat ngeuyeuh seureuh.
  • Diserahkan pada saat akad nikah. Biasanya terjadi hari akad nikah yang berbeda dengan resepsi pernikahan.
  • Diserahkan pada saat pertunangan dan lamaran. Tidak sedikit pasangan kekasih yang sudah memberikan seserahan jauh sebelum pernikahan, yakni pada saat pertunangan atau lamaran. Akan tetapi biasanya seserahan pada saat lamaran atau tunangan tidak menggantikan seserahan pada saat pernikahan.

Seserahan pernikahan tidak hanya simbol kebudayaan. Akan tetapi juga bagian dari rangkaian kesungguhan suami siap memberikan nafkah kepada istri. Untuk itu ada beberapa catatan penting pada proses belanja dan penyerahan seserahan agar tetap menyuguhkan kebahagiaan dan senyum pada kedua belah pihak.

Sesuaikan dengan Keuangan Anda

Sesuaikan dengan budget. Pilih sesuai dengan kesepakatan dengab calon istri Anda. Tidak perlu gengsi, karena kesehatan keuangan Anda tidak kalah penting sebagai modal mengarungi kehidupan baru bersama istri.

Kreativitas Kemasan Seserahan Pernikahan

Untuk menampilkan seserahan pernikahan yang unik sangat tergantung dengan kreatifitas Anda. Anda bisa memilih berbagai tema sesuai dengan keinginan Anda. Berikut beberapa tips tema kreatifitas seserahan penikahan.

Kemewahan

Jika Anda kaya raya, sudah pasti Anda dapat menyajikan tema seserahan dengan hiasan dan isi yang mewah dan menawan. Namun mewah saja tidak cukup. Anda harus tetap membangun kesan sebagai pria yang elegan, sosok yang berwibawa dan bisa menjadi imam. Kesan mewah jika tidak dibangun dengan nuansa yang lebih humanis, romantis dan berkesan justru dapat menjadi bumerang pada kesucian cinta Anda.

Keunikan

Anda juga dapat mengemas seserahan pernikahan dengan karakter yang unik, disesuaikan dengan tipologi, karakter, kesukaan ataupun kesan kuat harmonisasi Anda dengan pasangan. Contoh seserahan pernikahan yang unik misalnya dapat dibuat sesuai dengan momentum tanggal dan hari pernikahan Anda.

Kemasan modern sering dipilih sebagai karakter kemasan seserahan pernikahan. Kemasan modern identic dengan kemasan yang simple, menawan dan mudah dibawa.

Beikut beberapa Contoh lain keunikan kemasan seserahan pernikahan.

  • Pernikahan pada saat perayaan kemerdekaan Republik Indonesia (bulan Agustus), maka Anda dapat mengemas seserahan pernikahan Anda dengan tema dan isi seserahan yang terkait dengan nuansa kemerdekaan.
  • Pernikahan pada saat bulan Ramadhan, maka Anda dapat membuat tema maupun isi seserahan dengan tema Islami bulan Ramadhan yang penuh berkah.
  • Pernikahan pada saat hari Raya Natal, maka Anda dapat membuat seserahan dengan tema perayaan hari Natal. Begitu juga pernikahan yang terjadi pada perayaan hari besar yang lain.
  • Jika Anda menyukai petulangan dan hobi mengkoleksi barang klasik, maka tema dan isi seserahan pernikahan dapat Anda sesuaikan dengan kesukaan Anda.

Modern

Kreasi seserahan menjadi hal yang perlu dalam proses lamaran pernikahan. Pasalnya, cara membuat seserahan pernikahan juga sangat mempengaruhi penilaian seseorang. Terlebih barang yang akan diberikan di acara penikahan harus dibungkus rapi dan cantik, agar proses lamaranmu berkesan.

Serba Putih

Jika Anda ingin aksen an kesan warna yang elegan pada seserahan, maka Anda dapat memilih dominasi putih, bersih dengan sedikit kombinasi warna lain yang pantas. Dominasi warna putih memberikan kesan elegan dan modern.

Contoh Kemasan Seserahan Pernikahan

Sekali lagi bukan kemewahan dan harga mahal. Karena jika tidak dilandaskan pada ketulusan, kesucian dan skralitas pernikahan justru akan sia-sia. Siapkan seserahan sewajarnya sesuai dengan kemapuan Anda.

Yang penting pada seserahan pernikahan adalah bagaimana Anda mengemas menjadi seserahan yang menawan, romantis, unik dan sedap dipandang mata. Hal ini akan memberikan nilai dan kesan yang sempurna dari keluarga calon istri Anda.

Berikut beberapa contoh kemasan yang elegan, romantic dan unik seserahan pernikahan.

Kreasi Bunga

seserahan pernikahan motif bunga

Seserahan seperangkat alat sholat, pakaian, perlengkapan make up dan juga sepatu bisa Anda kemas lebih unik dengan rangkain bunga yang indah. Dengan aneka bunga yang indah, kemasan sesrahan akan telihat sangat cantik, menawan dan mempesona.

Papan Kayu Putih

 

Nampan Kayu Putih Seserahan PernikahanPapan kayu putih dapat digunakan sebagai nampan membawa seserahan. Nampan putih memberikan kesan yang elegan, besih dan juga berwibawa. Hal ini akan menguatkan kesan mewah seserahan pernikahan.

Kotak Motif

 

Jika Anda tidak banyak waktu untuk mempersiapkan kemasan seserahan, maka Anda dapat menggunakan kotak motif. Bisa motif bunga, motif kartun, atau motif apapun yang ada. Dengan menggunakan motif dapat memberikan kesan lebih ramai pada kemasan seserahan.

Kotak “Kaca” dari Plastik

 

Kemasan Plastik Seserahan PernikahanKotak kaca dari plastik akan memberikan kesan mewah dan bersih. Hal ini dimaksudkan juga untuk menjaga kebersihan isi seserahan namun tetap terlihat dari luar. Cara ini akan memberikan kesan yang mewah, cantik dan elegan pada kemasan seserahan.

Kreasi Taplak Pink

 

taplak pink seserahan pernikahanAnda dapat memberikan aksen yang mewah pada seserahan pernikahan dengan manambahkan taplak pink yang romantic pada papa membawa seserahan.

Wadah atau Keranjang Anyaman

 

seserahan pernikahan dengan anyaman rotan

Anyaman mempunyai seni tinggi, melengkapi kesan natural dan mewah. Anyaman ini dapat dipilih dari bahan imitasi, bambu, rotan atau serat alam lain. ada banyak bentuk yang dapat dipilih, seperti tas, nampan, kerangjang dan lain sebagainya.

Anda juga dapat memadukan antar masing-masing kemasan di atas. Misalnya anyaman dengan plastik pembungkus, kotak motif di atas nampan anyaman dan lain sebagainya. Semua tergantung kreativitas Anda.

 

Leave a Comment