Apa Itu Mager? Istilah Gaul yang Wajib Kamu Ketahui

apa-itu-mager

Hari Minggu pagi, udara dingin, masih mengantuk karena begadang, ditambah belum punya rencana apa-apa. Rasanya pengenbanget seharian meringkuk aja di balik selimut hangat dengan bantal penuh iler dan guling empuk yang sedikit bau pesing-pesing nikmat. Nah, satu kata yang cocok untuk menggambarkan kondisi seperti ini adalah ‘mager’. Eh? Apa itu mager?

Mager = Malas gerak

Artinya kamu lagi enggak pengen ngapa-ngapain. Badan rasanya berat. Otot lagi enggak mau disuruh-suruh. Maunya diam aja santai-santai. Bolehlah jalan-jalan, lari-lari, atau olah raga, tapi dalam mimpi ya.

Mager tidak hanya berdasarkan keadaan fisik. Suasana hati yang tidak bagus juga bisa membuat kamu mager. Dokumen penting hilang, habis dimarahi orang tua, baru putus cinta, tim sepak bola kesayangan kalah, didadahin banci, atau nungguin K-drama episode selanjutnya yang super bikin penasaran pun dapat menyebabkan tubuhmu menjadi lesu dan tidak bertenaga. Ujung-ujungnya mengakibatkan badanmu enggan bergerak.

Contoh penggunaan

Bahasa anak jaman sekarang memang aneh-aneh. Ada yang diambil dari istilah asing ataubahasa daerah yang diplesetin. Ada juga yang berupa singkatan agar penulisan menjadi lebih ringkas, misalnya kata ‘mager’.

Istilah slang ini sering digunakan oleh muda-mudi baik dalam percakapan, obrolan di instant messaging, maupun status di media sosial seperti Facebook, Path, dan Twitter. Tidak jarang juga dipakai pada meme kocak agar tampak lebih kekinian.


“Nikmatnya berendam di jacuzzi. Happy holiday everyone! #Bali #Liburan #Mager #Surga”


A: “Makan siang di sini porsinya jumbo, bikin perut begah.“
B: “Iya, nih. Kalau begini jadi ngantuk dan mager deh.“


A: “Temeningue cari baju buat wawancara yuk, Bro.“
B: “Sorry, Bro, gue lagi magernih.“
A: “Apa itu mager? Bikin pager?”
B: “Malas gerak, Nyong.”


T: “Tinky Winky!“
D: “Dipsy!“
L: “Mager!“ *Berdiri diam saja*
P: “Yaelah! Malah enggak gerak. Kita di sini menghibur untuk cari duit, woi!”
(Yang tidak mengerti percakapan ini, silakan googling Meme Teletubbies lucu’ ya.)


Sekarang kamu sudah tahu apa itu mager. Kamu boleh berbesar hati karena satu tingkat lebih gaul dari sebelumnya. Selamat menggunakan ‘mager’ untuk percakapan dengan teman supaya terlihat makin keren. Tapi jangan dipakai ketika menulis tugas sekolah ya, bisa-bisa kamu disembur api naga oleh gurumu.

Leave a Comment